Rabu, 20 Januari 2010

FUJIYAMA AND THE LEGEND




Gunung Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang,terletak diperbatasan Shizuoka dan Yamanashi,disebelah barat Tokyo. Gunung ini dikelilingi oleh lima danau yaitu Kawaguci,Yamanaka,Sai,Motosu,dan Shoji. Gunung ini merupakan simbol Jepang yang terkenal dan sering digambarkan dalam karya seni dan foto-foto. Tahukah kalian dengan DORAEMON ??? dalam filmnya seringkali ditayangkan tentang gunung Fuji. Sebuah gunung berapi yang kini masih aktif wlaupun memiliki kemungkinan letusan yang rendah ini seringkali didaki oleh para wisatawan. Kaena Jepang kaya dengan legenda dan cerita rakyat maka Gunung Fuji ini juga memiliki legenda dalam berbagai versi dan cerita rakyat yang berlatarbelakang pegunungan. Gunung Fuji yang terletak di kepulauan Honshu ini keberadaannya erat sekali dengan masyarakat Jepang,terkait dengan tradisi maupun kepercayaan mereka. Gunung Fuji dianggap sebagai tempat suci sampai masa Restorasi Meiji,masih ingatkan sejarahnya !!! dimana kepercayaan terhadap kepercayaan itu dilarang. Namun gunung Fuji tak lantas kehilangan kepopulerannya.

VERSI I
Pada jaman dahulu wnita sempat dilarang mendaki gunung Fuji. Asal-usul Gunung Fuji tertuang dalam sebuah legenda yang mengisahkan terciptanya gunung Fuji dalam tempo satu malam. Dikisahkan Visu seorang penebang kayu yang hidup disebuah pondok bersama anak istrinya,tiba-tiba mereka terbangun disuatu malam karena guncangan dan suara keras dari dalam tanah. Visu segera membawa anak dan istrinya keluar karena mengira terjadi gempa bumi. Namun saat ia melangkahkan kakinya keluar dari pondok,daerah sekitar tempat tinggalnya yang awalnya merupakan dataran luas berubah menjadi sebuah gunung. Karena begitu kagum,Visu lalu menamainya "Fujiyama".

VERSI II
Legenda lain tentang gunung Fuji adalah Sengen-Sama/Asama No Okami merupakan dewa gunung berapi. Masyarakat Jepang dulu membangun kuil bagi SEngen-Sama dikaki gunung Fuji untuk menghormati sang dewa dan roh-roh lain yang menghuni gunung Fuji,dan memohon agar gunung Fuji tidak meletus. Dalam kenyataannya sekarang ,banyak pengunjung yang ingin mendaki gunung Fuji berusaha mampir kekuil tersebut untuk berdoa demi keselamatan saat pendakian.

Begitu legendanya . . .
Percaya atau tidak terserah kalian dech !!!

Tidak ada komentar: